Setelah Sewa Gudang, Apalagi yang Harus Dilakukan untuk Meraup Untung Usaha di Karawaci?

By Center Piece Blogger In Blog No comments

Memulai atau membuka suatu usaha tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Selain mencari lokasi yang tepat, banyak juga hal lain yang harus dipertimbangkan. Bila Anda membuka tempat usaha baru yang menjual produk, maka distribusi dan logistik menjadi salah satu hal penting yang harus dipikirkan dan dipertimbangkan sejak awal, karena menyangkut efektivitas dan efisiensi biaya operasional perusahaan.

Strategi yang banyak diterapkan adalah membuka usaha di sekitar Jakarta, namun bukan di jantung ibukota yang seringkali dilanda kemacetan di mana-mana yang malah dapat membuat buntung dibandingkan menimbulkan untung. Nah, Karawaci, Tangerang, adalah salah satu tempat yang mulai ramai dilirik oleh para pengusaha. Tempat yang sedang berkembang ini menjadi semakin ramai, baik oleh masyarakat retail, maupun oleh berbagai perusahaan yang dapat menjadi supply chain bagi perusahaan lainnya.

Langkah pertama saat kita sudah memutuskan akan membuka usaha adalah mencari tempat usaha, sekaligus tempat penyimpanan dan pendistribusian barang yang akan dijual. Sekarang, hunian yang menjadi satu dengan kantor dan gudang menyediakan solusi yang tepat guna dan bernilai ekonomis untuk meraup untung yang lebih maksimal bagi para pengusaha di Karawaci. Karena itu, ini dapat menjadi salah satu pilihan sebagai tempat usaha, baik sebagai kantor dan gudang maupun tempat tinggal.

Lalu, apakah asal gudang, rumah, dan kantor lantas semuanya menjadi maksimal? Tidak juga. Banyak hal lain yang harus dipertimbangkan dalam memilih tempat yang tepat, salah satunya adalah dengan meningkatkan kepuasan karyawan, sekaligus menekan biaya operasional karyawan, sebut saja seperti biaya transportasi, biaya makan, serta hiburan bagi para karyawan.

Carilah gudang atau kantor yang dekat dengan pintu tol dan akses transportasi umum sehingga biaya transportasi karyawan menjadi lebih terjangkau. Selain itu, fasilitas kantin atau kafetaria di kompleks gudang juga perlu dipertimbangkan, agar karyawan tidak perlu jauh-jauh mencari makanan saat jam makan siang, sehingga dapat kembali ke kantor dan gudang lebih cepat, sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja secara keseluruhan. Bayangkan saja bila karyawan memakan waktu lama saat makan siang atau sering terlambat karena tidak adanya transportasi umum ke kantor, maka hal ini dapat menghambat dari sisi bisnis, termasuk keterlambatan pengiriman ke pelanggan, yang juga dapat berakibat pada turunnya kepuasan pelanggan dan omset.

Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah menyediakan lingkungan dan suasana kerja yang sehat bagi pemilik maupun karyawan, seperti lingkungan yang hijau dan asri, juga bila memungkinkan terdapat tempat untuk olahraga sehingga dapat digunakan sebagai acara refreshing dan olahraga bersama selepas kerja.

Semuanya ini dapat Anda peroleh di Centerpiece Eco-Business Park, salah satu kompleks sewa gudang di Karawaci, Tangerang, dengan berbagai fasilitas yang mendukung usaha Anda.