Kepuasan Pelanggan Jadi Tolak Ukur Keberhasilan Logistik

By CENTERPIECE In Blog No comments

Pelanggan akan puas dengan layanan tepat informasi dari pihak logistic. Dalam mengetahui hal ini pemilik usaha dapat menempuh beberapa metode. Diantaranya keluhan, ghost shopping, menghubungi pelanggan dan survey kepuasan. Perusahaan logistic dapat menerapkan sistem keluhan dan saran untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Pelanggan disediakan wadah dalam menyampaikan saran, kritik, keluhan dan hal lainnya misal waktu tepat pengiriman produk.

Kedua dapat menggunakan sistem ghost shopping hal ini bertujuan untuk mengenai kepuasan konsumen dengan cara mengambil beberapa ghost shopper. Ghost shopper akan menjadi pelanggan potensial ke perusahaan pesaing. Selanjutnya adalah menghubungi customer yang telah lama tidak beli produk dari jasa atau perusahaan. Hal ini ditujukan kepada pelanggan telah beralih ke pemasok lain dan bertanya mengenai kekurangannya sehingga berhenti menjadi konsumen misal masalah  tepat harga.

Selanjutnya adalah melakukan survey. Saat ini untuk melakukan survey dapat dilakukan dengan sistem survey online. Perusahaan dapat menyediakan wadah untuk para pelanggan melalui survey terkait dengan tingkat kepuasan konsumen.

Tolak Ukur Kepuasan Pelanggan

Kepuasan adalah perasaan bahagia terhadap sesuatu. Dalam hal produk juga demikian. Perusahaan akan selalu berusaha melakukan terbaik demi mendapatkan kepuasaan dari pelanggannya. Terdapat tolak ukur dalam menjadikan hal ini terjadi. Perusahaan dapat mengetahui mengai hal tersebut dengan memperhatikan indikator-indikator dari konsumen terhadap produknya sebagai berikut.

Pelanggan akan senang jika dalam proses transaksi tepat pengiriman. Barang sesuai dengan tampilan yang dipajang oleh pemilik bisnis. Kualitas produk menjadi hal utama. Produk bermutu akan menjadi indicator rasa puas bagi pelanggan. Dengan menyediakan produk berkualitas, pelanggan tidak mungkin ragu untuk berlangganan. Strategi pasar seperti ini adalah pilihan terbaik. Konsumen yang telah berbelanja bisa jadi mempromosikan produk tersebut ke orang terdekatnya

Hal kedua adalah tepat harga. Berbelanja produk berkualitas dengan tepat harga yang sepadan merupakan salah-satu hal yang perlu diperhatikan. Jangan sampai harga ditawarkan terlalu tinggi, namun tidak sesuai dengan kualitasnya, akan membuat kecewa. Berikan deskripsi produk dengan tepat informasi. Hal ini akan menjadi nilai tambah untuk menggaet pembeli. Dengan penggunaan tepat informasi, pembeli tidak akan kecewa pada saat barang telah sampai ke tangannya.

Selain ketiga hal tersebut, hal lainnya adalah layanan yang diberikan oleh sebuah penyedia barang atau perusahaan. Ini akan menjadi nilai tambah untuk pembeli agar lebih nyaman dalam berbelanja.

Hal yang Menyebabkan Ketidakpuasan Pelanggan

Ada hal menjadi penyebab pelanggan tidak puas dengan produk yang disediakan oleh perusahaan. Baik dari perusahaan sendiri yakni produknya, distributor atau jasa layanan pengiriman  dan lainnya. Hal pertama adalah ekpektasi tidak sesuai dengan kenyataan. Misalnya barang tersedia tidak sesuai dengan deskripsi dan tampilan yang dipajang oleh pemiliknya. Bisa saja tidak sesuai warna, bentuk dan tidak tepat informasi.

Jasa atau layanan yang disediakan tidak memuaskan. Misalnya tidak responsif, tidak tepat pengiriman yaitu sangat lama dan lainnya. Adapula disebakan karena lingkungan yang tidak mendukung. Terlalu banyak promosi yang tidak sesuai kenyataan. Hal yang paling banyak dikeluhkan adalah harga mahal. Ini berlaku untuk konsumen yang memiliki jarang cukup jauh dari penyedia produk. Terkadang harga produk jauh lebih murah dibandingkan ongkos pengiriman yang artinya tidak tepat harga. Untuk jasa sewa gudang, pilih Gudang Centerpiece untuk layanan keamanan 24 jam. Barang akan terjaga dengan tempat penyimpanan yang memiliki sistem canggih yang melindungi dari suhu panas. Untuk ukuran penyimpanan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.